Hikayat JIL


source: @Vampire_RI

Postingan ini hanya menyalin ulang informasi-informasi yang bersliweran di TL Twitland. Benar tidaknya silakan anda cek sendiri. Isi diluar tanggung jawab percetakan :p

 

JIL didirikan oleh anak-anak yg kuliah di USA spt Rizal Mallarangeng, disambut genk Utan Kayu spt @IwanPiliang. Awalnya milis. JIL semula hanya gerakan di milis, ledek-ledekan, tp kemudian berkembang jd organisasi yg disponsori Ford Foundation, TIFA, dan lain-lain. Peserta milis JIL awal adalah @fgaban, Nirwan Dewanto, Nirwan Arsuka, Sukidi, Hamid Basyaib, Ulil Abshar, Celi dan lain-lain.

Diskusi JIL digelar di Utan Kayu dg melibatkan kakek-kakek spt @gm_gm, @TodungLubis, serta nenek-nenek spt Ayu Utami, dll. JIL kemudian didukung oleh anak-anak Ciputat spt Novriantoni, @BurhanMuhtadi, Nong, Saiful Mujani, dll. Terjd simbiosis mutualisma. JIL lalu merambah dunia tafsir-menafsir, termasuk menggembar-gemborkan amandemen thd Al-Qur’an berdasarkan sejarah Muhammad. Dg kekuatan dana, JIL memuat tulisan-tulisan tiap pekan di Grup Jawa Pos yg dipimpin Dahlan Iskan. Dananya dari Ford Foundation, USAID. JIL juga memuat program radio yg dimoderatori Ulil. Jaringan Radio 68h jadi salah satunya, selain radio-radio lokal.

O,ya, Denny JA juga bagian dari anggota milis JIL awal itu. Denny JA belajar banyak cara menggunakan radio utk propaganda. JIL juga mengadakan diskusi di kampus-kampus, mengundang mahasiswa datang ke Utan Kayu, memberi pekerjaan lwt dana-dana asing. JIL terutama dpt dukungan dari klpk-klpk Kristen, tmsk dari Dahlan Iskan. Klpk yg memberikan perlawanan adlh Laskar Jihad dll.

Utk membedakan klpknya dg klpk lain, JIL menyebut klpk lain sbg Islam Literal atau Islam Fundamentalis. Mrk aktif bermain di koran-radio. Ulil jd juru bicara terpenting klpk JIL. Ulil yg bibirnya sumbing ini, blm dioperasi, adlh mhs bahasa Arab di kampus dkt Republika. Selain di JIL, Ulil aktif di International Conference on Religion and Peace, digaji dana Asia Foundation, TIFA, USAID, AUSAID, dll.

Sbg kader utama, Ulil diberangkatkan ke USA utk belajar. Tp krn otaknya gak nyampe, tdk lulus, gagal, lalu balik kandang ke JIL. Selama Ulil di USA, JIL dipimpin Hamid Basyaib yg skrg jadi staf khusus Taufik Kiemas di MPR RI. Tetap adain acara radio. Markas JIL pimp Hamid Basyaib pindah ke Jln Irian, markas besar Freedom Institute. Sering undang mhs ke sana, juga pers.

Pasukan JIL bertambah dg kehadiran Zuhaeri Misrawi yg lulusan Al-Azhar. Tp utk berbagi kapling, dia dirikan Islam Progresif. Zuhaeri Misrawi kini jg staf khusus Taufik Kiemas, sering jumpa di DPR-MPR. Jd, TK dikelilingi 2 tokoh muda JIL, Zuhaeri dan Hamid. Ulil kini di Partai Demokrat. Rizal Mallarangeng di Partai Golkar. Zuhaeri dan Hamid di PDIP. JIL benar-benar berjaya di partai besar. Mafia JIL ini jg berada dibalik pendirian Partai SRI. Mone Thamrin (PD) ditugaskan disana, anak FNS perpanjangan partai di Jerman.

Pusat serangan JIL skrg adlh pribadi Anas Urbaninggrum dan PKS. Siapapun anak-anak muda yg anti JIL, pasti dihabisin dg segala cara. JIL ini gagal masuk ke dlm PPP dan PAN, krn di dua partai itu ada Muhammadiyah dan NU militan. Ke PKB juga gagal masuk. Ke PKS aplg.

Klpk JIL ini pendukung diam-diam ARB dlm Munas Pekanbaru. Mrk habisi Surya Paloh dg beragam cara. Tp mrk harus akui ada Akbar Tandjung. Akbar Tandjung di Golkar berhasil menepis pengaruh JIL dlm penyusunan pengurus. Rizal Mallarangeng hanya dpt posisi non-kaderisasi. Krn geraknya dibatasi Akbar T di Golkar, JIL bahu-membahu loloskan Andi Mallarangeng sbg Ketum Partai Demokrat. SBY ikut dipengaruhi.

Sekali lg, JIL kalah di Partai Demokrat. Anas muncul sbg kuda hitam pasukan hijau-hitam HMI yg solid. Ulil terpaksa masuk. Skrg, mafia JIL ini sedang berusaha menjdkan Dahlan Iskan yg berjasa membesarkan mrk di Jawa Pos Grup, utk jd Presiden RI. Selain memasuki partai-partai besar, mafia JIL masuk jaringan kebudayaan yg sebelumnya berinduk di Utan Kayu. Menyebar ke Salihara.

Mafia JIL ini gampang diditeksi, krn semua aksi mereka undang wartawan kayak gua. Gua datang untuk cek aja gaya hidup mereka. Mafia JIL yg bermula dari milis ini sudah kuasai byk hal, spt lembaga survei, para pengamat, konsultan, sampai politisi jadi-jadian. Pertarungan pro-kontra JIL ini dulu berlangsung di milis Kahmi Pro. Ulil jadi pusat eksperimen mafia JIL ini, krn wataknya yang berani, bisa bahasa Arab, bahasa Inggris, tp kagak lulus-lulus kuliah. Kalau si Guntur Romli baru belakangan jadi die-hard mafia JIL.

Mafia JIL ini pandai gunakan media-media baru seperti internet. Skrg mrk pakai twitter. Hampir sama dg anak-anak PKS kemampuannya. Mimpi terbesar Mafia JIL adalah salah-satunya jadi Presiden RI. Mereka gagal kendalikan SBY, dihadang Anas Urbaningrum. Mafia JIL ini makin kedodoran setelah Hatta Rajasa jadi besan SBY. Org-org Muhammadiyah sering masuk Cikeas. Mrk pasti hantam HR. Frustrasi mafia JIL ini makin memuncak, krn kegagalan Partai SRI. Anak-anak UI yg urus Partai SRI ini tak pandai bekerja.

 

Dlm pilpres 2009, mafia JIL ini, dari tukang sapu sampai tukang puisi, pendukung SBY dan — terutama — Boediono. Tp krn Boediono tertimpa kasus Century, SMI gagal bikin partai, mafia JIL ini jadi kehilangan mimpi besar utk kuasai Istana. Di kubu Prabowo, mafia JIL tdk punya orang. Jaringan sosialis, intel dan intelektual Prabowo sulit ditembus. Soal HAM jg penghalang.

Di kubu Megawati, mafia JIL hanya bisa pengaruhi Taufik Keimas lewat Hamid Basyaib dan Zuhaeri Misrawi. Mega tak tertarik JIL. Di kubu Wiranto, mafia JIL terbentur menantu Wiranto yg amat kental Islamnya. Ada @yuddychrisnandi yg jagain juga. Di kubu ARB, mafia JIL kecele dengan IJP yg sejak awal tdk senafas dengan Rizal Mallarangeng, jalan sendiri-sendiri. Di kubu Hatta Rajasa, Amien Rais adalah batu penghalang utama. Bahkan SBY mulai andalkan HR, ketimbang Aulia Pohan yg bekas bankir. Di kubu Surya Paloh dan Nasdem, mafia JIL tak laku, krn sejak awal FES masuk ke dalam, juga ex PRD, PAN, PMB dan Muhammadiyah.

Di kubu Anas Urbaninggrum, mafia JIL adalah musuh besar yg “dipelihara” sj. Dikasih peran pinggiran dan tak penting. Anas cerdik. Kemampuan finansial mafia JIL sudah berkembang, stlh mereka dapat proyek-proyek di pemerintahan dg manfaatkan jalur Partai Demokrat. Kalangan Kristen juga sudah kecewa berat dengan mafia JIL, setelah pendeta Iones ikut-ikutan bikin Kristen Liberal. Mafia JIL sering mencatut nama-nama tokoh dalam pernyataan mrk. Bbrp tokoh dihibur dg hadiah Ahmad Bakrie Award & uang 250 Jt. Buku yg dipopulerkan kembali mafia JIL adl Pergolakan Pemikiran Islam Ahmad Wahib. Diadakan lomba utk umum & mhsw dg hadiah uang.

 

Mafia JIL tidak pernah hasilkan riset apapun. Riset mrk hanya mengkliping koran, lalu berteriak kencang kalau ada teroris dan FPI. Ciri-ciri mafia JIL adalah artikulasinya bagus, kadang pakai gerak tangan. Tp substansinya ngaco. Kerja organisasi tdk bisa. Ciri berikutnya mafia JIL adalah seolah di Indonesia terjadi perang agama, smtr di Palestina dan Irak bukan perang agama. Mafia JIL punya hubungan baik dgn diplomat-diplomat USA, Australia dan Inggris. Mrk merasa satu bangsa dan setara, smtr yg lain dongok.

Mafia JIL sama fundamentalisnya dg klpk yg mrk kritik. Bedanya, mafia JIL mampu uangkan cek-nya dg baik, krn bisa beli iklan media. Krn memang dasarnya anak-anak kampung yg berkampus di IAIN, mafia JIL ini cepat puas. Byk skandal di antara mrk. Tak layak tweet. Dari sisi demografi, mafia JIL ini berasal dari Sulsel (cukong), Jatim (jubir), Banten (massa dan tukang kliping dan survei). Lawan mafia JIL dari sisi demografi adl anak-anak Sumbar, Jateng (herannya, dari klpk abangan malah) dan NTB. Ex Masyumi rata-rata. Mrk pakai dua pola: yg paham bhs Arab dan tdk.

Yg paham bhs Arab spt Ulil dan Zuhaeri akan doyan mencemooh org-org muslim yg tdk pandai bhs Arab. Biar bingung. Yg tdk paham bhs Arab dg baik akan membantu menjelaskan ke yg lain berdasarkan yg paham bhs Arab. Krn pd dasarnya pendukung kapitalisme paling murni, #MafiaJIL ini tdk peduli dg kejadian spt Bima dan Mesuji. Krn tak ada “agama”nya. #MafiaJIL baru bereaksi kalau ada label agama yg masuk, spt kasus Sampang, FPI, Cikeusik, dll. #MafiaJIL tertawa-tawa kalau ada teroris yg ditangkap atau ditembak mati tanpa pengadilan. HAM mrk double standard.

 

Musuh terbesar #MafiaJIL adl Anas Urbaninggrum (Demokrat), IJP (Golkar), @fadlizon (Gerindra), @yuddychrisnandi (Hanura), dr sisi usia. #MafiaJIL ini klpk paling rakus, tak konsisten, Western. Menolak Wiranto dan Prabowo krn HAM, tp mendukung SBY yg jg berlumur darah. #MafiaJIL ini mencemooh penganut poligami, tp menerima Dahlan Iskan yg punya istri muda sehingga tetap segar bugar bergaya. #MafiaJIL ini menyebut Anas Urbaninggrum bersalah dlm soal Nazar, tp tutupi bail out Bank Century yg melibatkan Boed-SMI-Cikeas. M Chatib Basri (skrg di ktr Wapres) dan Dinno Patti Djalal adlh bagian supporting ideas dari #MafiaJIL ini.

 

Misi transisi #MafiaJIL adl jadikan Ulil sbg Ketua PB NU, lalu Menteri Agama, terakhir sbg Ketua MUI. Disampaikan scr berseloroh. Kunci utk pahami #MafiaJIL adl milis Islam Liberal sejak awal dibikin. Peta orang-orangnya ada di milis itu. Jg ada webnya. Peta lain #MafiaJIL adl laporan-laporan funding agency spt USAID, AUSAID, Asia Foundation, Partnership for Governance Reform, TIFA. #MafiaJIL paling byk makan uang George Soros yg ditanam di TIFA Foundation utk membuka Indonesia dg kunci demokrasi liberal. Gua gak ada masalah dg #MafiaJIL. Mafia sama saja di mata gua. Makanya yg personal gua gak tweet, spt soal siapa “makan” siapa. Tdk semua org di milis JIL awal adlh pro JIL. Org spt @fgaban sdh bertengkar di dalam milis itu sejak awal. Jd, hati-hati bacanya.

Jaringan media terluas #MafiaJIL adalah Jawa Pos Grup, TEMPO Grup sesekali, serta media radio jaringan 68h. Serta online. TV gak ada. Di Jawa Pos Grup, #MafiaJIL dilawan oleh kelompok wartawan spt @ridlwanjogja yg dekat dg kalangan PKS. Kompas menghambat kehadiran #MafiaJIL, tetapi ada Zuhaeri Misrawi yg pakai bendera lain. Juga Jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah. Media Indonesia juga diserbu penulis-penulis #MafiaJIL, tp tdk dlm kerjasama iklan spt Jawa Pos Grup. Media-media Kristen spt Suara Pembaruan dan Sinar Harapan tdk mau terang-terangan jd bagian #MafiaJIL. Sesekali aja. Frederich Nauman Stiftung – FNS yg dikomandani Mone Thamrin (DPP Partai Demokrat) jg adain pelatihan dg #MafiaJIL. Misinya liberalisasi.

 

Wilayah pengaruh #MafiaJIL ada di Kalimantan dan Jawa. Sumatera, Sulawesi dan Indonesia Timur tdk terlalu berpengaruh. Republika melawan #MafiaJIL dg baik, berupa Dompet Dhuafa dll. Yg norak melawan #MafiaJIL adl Sabili, krn pakai Zionis-Zionisan. #MafiaJIL adl klpk yg punya tujuan politik, dididik oleh opa William Liddle sejak 1990-an. Kalau klpk liberal Islam sdh lama ada, spt Cak Nur dan Gus Dur, tp tdk bagian dari #MafiaJIL yg cari uang dan kekuasaan ini.

Jd, beda antara #MafiaJIL dg JIL (dlm arti JIL ini adlh kaum liberal Islam, lbh independen, tdk berkelompok). Itu bedanya. Opa William Liddle ingin salah satu muridnya di #MafiaJIL jadi Presiden RI. Yg paling prospektif skrg adl Anies Rasyid Baswedan. Anies Rasyid Baswedan bukan bagian dari #MafiaJIL yg aktif, dia lulusan Northern Illinois Univ. Dia ikut milis sejak awal, tak byk komentar. Dia lbh educated & mature. Anies Rasyid Baswedan adlh next project dari #MafiaJIL, apabila skenario Andi Mallarangeng gagal hadang Anas Urbaninggrum. Anies Rasyid Baswedan kini lindungi diri dg klpk anak-anak muda pendidik. Dekat dg siapapun, mulai SBY, JK, ARB, sampai Arifin Panigoro. Produk gagal dari #MafiaJIL adl Eep Saefullah Fatah. Terlalu byk masalah pribadi anak muda ini. Skrg hanya mikirin keluarga.

 

Opa William Liddle adl cth keberhasilan intelektual USA utk merangkul anak-anak muda Indonesia, spt tergabung dlm #MafiaJIL. Tandem opa William Liddle adl Paul Wolfowitz di dunia intelijen. Keduanya generasi yg dididik Henry Kissinger. #MafiaJIL. Intelektual dan politisi muda Indonesia yg melepaskan pengaruh dari opa William Liddle dan Wolfowitz pastilah dimusuhi #MafiaJIL. Mengamerikan Indonesia dan Mengindonesiakan Amerika adlh misi terpenting dari #MafiaJIL. Dana didukung USA dan Australia. Keberhasilan terbesar #MafiaJIL adlh pakai pers utk wujudkan ide-idenya. Tp ini jg kelemahan terbesarnya, gampang dilacak.

 

  • Skenario 1 #MafiaJIL adlah menjadikan Dahlan Iskan sbg tokoh alternatif, sbg Presiden RI. Bukan Jokowi yg tokoh PDIP.
  • Skenario kedua #MafiaJIL adlh menjadikan Andi Mallarangeng sbg Presiden RI. Sejarah kekalahannya di Partai Demokrat dilupakan.
  • Skenario ketiga #MafiaJIL adl menjadikan Anies Rasyid Baswedan sbg Presiden RI. Tp Anies masih ragu, walau dekat dg USA. #MafiaJIL tdk peduli dg sumberdana yg bisa dipakai. Darimana pun diambil, tmsk dari ARB, Chaerul Tandjung, sampai agen-agen Barat.
  • Skenario jangka panjang #MafiaJIL adl jadikan Agus Yudhoyono sbg Presiden RI, krn mrk dekat dg Ibas Yudhoyono via Choel Mallarangeng. Agus Yudhoyono adl produk Harvard University, sudah mengenyam pendidikan USA dan akrab dg agen-agen CIA. #MafiaJIL.

 

Rata-rata anggota #MafiaJIL sblm kaya-raya, stlh balik dari USA, tinggal di Apartemen Rasuna milik ARB. Lalu pelan-pelan nyari uang.

Saiful Mujani dan Kunkridho Ambardi adlh 2 PhD #MafiaJIL yg bekerja utk survei, riset dan think tank utama. Mrk jlnkan LSI. Fresh blood #MafiaJIL terbaru adlh Ahmad Sahal. Ini sosok yg jembatani klpk politisi dan intelektual di klpk mrk. Msh ada yg skrg di Harvard University, namanya Sukidi, org Muhammadiyah. Tp apa akan ikut #MafiaJIL atau tdk, gua akan cek. #MafiaJIL adlh klpk yg tdk pernah lelah mencari kekayaan dan kekuasaan dg jalan apapun. Klpk borjuis yg berkosmetika kecerdasan.

 

Alumnus majalah Pantau spt @IwanPiliang, Alfian Hamzah, atau pendekar spt @fgaban mestinya terus amat sosok-sosok #MafiaJIL ini. Ujung dari gerakan #MafiaJIL adlh Jaringan Indonesia Liberal. Alias meliberalkan Indonesia dlm aspek apapun, hancurkan tradisi. #MafiaJIL adlh klpk yg paling terkonsolidasi sejak berdiri. Mrk berkolaborasi dg klpk PSI lama yg tua-tua. Stempel PSI, otak liberal. Marsilam Simanjuntak, Kuntoro Mangunsubroto, Rahman Tolleng, Gunawan Muhammad, adlh sparring partner #MafiaJIL dlm diskusi dan aksi.

 

Semua jalur hubungan Indonesia ke luar negeri dikuasai hampir total oleh #MafiaJIL ini. Mrk informan yg loyal pd tuan-tuan USAnya. Keberhasilan #MafiaJIL adlh ekses dari kegagalan kader-kader HMI yg lbh nasionalis, tp cupu dan tak mau belajar.

Keberhasilan #MafiaJIL adlh buah dari strategi halaqah yg hanya masuk PKS, tdk menginfiltrasi klpk-klpk lain. Keberhasilan #MafiaJIL jg buah dari kegagalan kaum sosialis salon macam @budimandjatmiko, @fadjroel, tmsk @fadlizon bekerjasama. Zulkieflimansyah-PKS adlh sosok yg bisa lawan #MafiaJIL, tp dia hanya kirim 10 kader per thn ke S’pore, S-2, lalu balik lg ke PKS.

 

#MafiaJIL paham sedikit USA, lbh sedikit paham Eropa, awam soal China, naif soal Timur Tengah, & bodoh soal Indonesia. #MafiaJIL kalau ke daerah hanya habiskan waktu di htl-htl, ruang karaoke, panti pijat dan berburu kuliner. Jd, kelemahan #MafiaJIL adlh sama sekali tdk punya jaringan di daerah-daerah. Ini titik paling bisa ditekuk lawan-lawannya.

Makanya utk menutupi kelemahan di daerah itu, #MafiaJIL menggunakan media, tmsk berkicau tiap pagi di twitter. #MafiaJIL ini hampir tdk mengenali aktivis-aktivis lokal. Jaringan lokal dimiliki HMI, tetapi pecah berkeping-keping krn politik.

Di kubu Partai Demokrat, sbtlnya terjd kerjasama diam-diam klpk Marzukie Alie dan Anas Urbaningrum utk hadapi #MafiaJIL ini. Jaringan #MafiaJIL pendukung Andi Mallarangeng rata-rata diaspora org-org Bugis-Makassar dari Aceh sampai Papua. Di Kalimantan, #MafiaJIL ini tdk punya jaringan. Denny Indrayana digunakan utk membangun jaringan itu, tp Denny bukan JIL.

Jaringan IJP jauh lbh kuat di daerah-daerah, drpd jaringan #MafiaJIL. Tp anak ini kekurangan kawan-kawan seide. #MafiaJIL ini spt bakteri, bisa mengubah-ubah diri, membentuk LSM, konsultan, setiap bulan. Memisah-misahkan diri. Tp satu tujuan.

 

Saiful Mujani membentuk perusahaan baru, namanya SaifulMujani R & C. Ini modus #MafiaJIL. Saiful Mujani ini scr moral baik. Tp dia tdk bisa bedakan kerja akademis dg kerja kapitalis. Dicampur aduk. #MafiaJIL. Berbeda dg Ulil yg tidak lulus-lulus kuliah, tp rajin main twitter dan fb, Saiful Mujani ini sering hasilkan paper bagus. #MafiaJIL. Jaringan muda #MafiaJIL yg isinya kawan-kawan gua adalah SEJUK (http://www.sejuk.org).

Urusannya patung sampai selendang cewek-cewek. Target SEJUK ini adl anak-anak kampus utk diinfiltrasi pikiran-pikiran liberal. Dananya dari sumber-sumber #MafiaJIL lama. Dulu @fgaban juga melakukan training jurnalistik spt SEJUK. Tp tak pandai mencari uang donor spt #MafiaJIL.

Tokoh yg juga aktif memberi pelatihan jurnalistik adl Ade Armando, tp dihantam #MafiaJIL krn punya istri muda. Skrg di #SaveUI. Kekuatan dana #MafiaJIL jauh lbh besar, daripada kekuatan lingkaran otaknya. Krn memang masy Indonesia rata-rata tak byk masuk perguruan tinggi, #MafiaJIL bisa kuasai level elitenya.

About Place And Idea

Hopping tour (imaginary). become an imaginary due to limited time. starting from the Affairs of work unfinished, yet nothing – until the overlap by other things. I'm also interested, preferring organic growth investment rather than speculation. Ask me any questions, I can chat-chatting about the economy, capital markets, political philosophy, history, literature, film, music and you. Yes, you.
This entry was posted in source socmed and tagged . Bookmark the permalink.

8 Responses to Hikayat JIL

  1. Serem ya dengernya.
    Dan saya cukup terkejut soal ARB. Karena saya pernah terkagum2 dengan speech nya di acara ON|OFF 2011 (dulu pesta blogger).
    Kalau soal JIL di tweeter, saya sudah melihat banyak pendukung Ulil di twitter karena Ulil selalu “memudahkan” perintah2 Allah SWT 😥

    Like

    • ceritapasar says:

      kita ambil yang baik2 aja mbak. Soal kebenarannya, masih perlu di verifikasi, karena ini sumber akun anonim. Saya cuma mengarsipkannya aja, he he

      makasih dah mau berkunjung ya

      Like

  2. amazon says:

    ribet.. bacanya… apa yang benar belum tentu benar, apalagi yg salah ya pasti sala

    Like

  3. Reblogged this on chikidjatie99 and commented:
    ngakaks sekali, hiburan :))

    Like

  4. Cipto Diharja says:

    sebuah bencana akan datang di Indonesia, secara perlahan, Indonesia akan habis.
    semoga Alloh SWT meridhoi kita semua yang tetap berpegang teguh kepadanya. aamiin…

    Like

  5. rizkiikhwan says:

    WOW .. ANALIsanya tajam juga..hee

    Like

  6. Geisz Chalifah says:

    Saya tertawa membaca Anies Baswedan dikategorikan sbg mafia JIL… jelas sekali yang menulis artikel ini tidak tahu menahu pertarungan Anies dgn gang utan kayu. Bahkan keresahan kelompok liberal thd Kampus Paramadina dgn berusaha mendongkel Anies dgn berbagai fitnah. belum lagi survey2 mereka yang tidak pernah sekalipun mau objektif untuk menyertakan Anies. saran saya, gak hati2lah dalam menulis masalah yang sensitif spt ini, krn Fitnah akan mengambil pahala anda di akherat itupun kalau anda percaya dgn akherat, sebab bila penulisnya ini anti JIL tentunya tdk sebebas ini mengumbar data yang amburadul dan seenaknya.

    Like

  7. DINS says:

    Terima kasih atas penjelasannya. Sudah banyak teka-teki di kepala saya, hal ini membuat teka-teki itu nyambung. Menanggapi artikel ini, saya cuma bilang, kalau mau selamat, ya ikutin Al Quran dan Hadist yang benar. In syaaa Allah jika perilaku dan hidup sesuai Al Quran dan Hadist, selamat dunia akhirat.

    Like

Leave a comment